Pers Release Nomor : 033/PR/DISKOMINFO/V/2023

Jayapura_Minggu (23/7) Dalam rangka melaksanakan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Puncak Jaya, Pj. Bupati Puncak Jaya Tumiran, S.Sos, M.AP bersama Ketua TP PKK Kabupaten Puncak Jaya Hj. Manikem Tumiran, S.Sos, M.AP didampingi Kepala Dinas Kominfo Akbar Fitrianto, S.STP, M.AP menandatangani Memorandum of Understandinng (MOU) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya dengan PT. Telkomsel Grapari Jayapura yang diwakili oleh Rudi Muslaeni selaku Corporate Marketing Telkomsel Jayapura.

MOU yang diteken dilakukan meliputi Kontrak Berlangganan dalam bidang kerjasama komunikasi dan fasilitas layanan digital yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan pemerintah berupa komunikasi dan informasi berbasis seluler.
Rudi Muslaeni menyebutkan bahwa “Di era kemajuan teknologi informasi saat ini, Telkomsel tidak hanya menjual pulsa dan paket data internet saja tetapi kami juga membuka peluang kerjasama bagi semua stakeholder bukan hanya pelanggan tetapi perusahaan (Corporate) bahkan pemda berbasis seluler yang digunakan semua orang” ujarnya. Dirinya mengatakan bahwa program tersebut juga telah dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan terkemuka di Jayapura, Pemerintah Provinsi Papua. Menurutnya kerjasama ini diakui pertama kali dilakukan bagi Pemda di pedalaman Provinsi Papua Tengah.

Ditempat yang sama Pj. Bupati Puncak Jaya Tumiran, S.Sos, M.AP mengharapkan adanya peningkatan kualitas layanan jajaran pemda melalui jaringan telekomunikasi. “Dengan kerjasama ini kami berharap tidak ada lagi jarak antara masyarakat dan pemerintah untuk mendapatkan layanan pemerintah meliputi Call Center Pemda yang akan dihubungkan kepada OPD layanan publik kedaruratan selain itu dengan fasilitas SMS Broadcast Pemda dapat memberikan informasi yang akurat melalui sms ke masyarakat Puncak Jaya untuk cepat menangkal hoax khususnya jelang pesta demokrasi yang sudah dekat” Jelasnya.

Hal ini dilakukan mengingat selama ini masyarakat sangat kesulitan khususnya di daerah pedalaman untuk menelepon layanan kedaruratan seperti penjemputan ambulance, gangguan kamtibmas bahkan musibah kebakaran. Disamping itu informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui publikasi keliling dirasa sangat tidak efisien dan efektif untuk menjangkau seluruh masyarakat di Puncak Jaya.
Pj. Bupati juga mengapresiasi dan mengucap syukur atas terjalinnya kerjasama antara PT. Telkomsel Jayapura dengan Pemda Puncak Jaya dan berharap kedepan kerjasama ini dapat terus ditingkatkan dan memberikan nilai manfaat bagi pembangunan di Puncak Jaya khususnya peningkatan layanan publik berbasis elektronik. Selain itu dirinya berharap masyarakat dapat mendukung pelaksanaan kerjasama ini dengan memanfaatkan kerjasama ini.

Kedepan pihaknya akan menindaklanjuti dengan menerbitkan beberapa regulasi dan pedoman sekaligus sosialisasi kepada masyarakat di Puncak Jaya guna pemanfaatannya.(*)

diskominfo

infopuncakjaya

telkomsel

spbenasional