Siaran pers No:026/DISKOMINFO/IV/2023

Puncak Jaya_ (05 Juni 2023), Apel Gabungan ASN, Instansi Vertikal, Tenaga Honorer, dan Ormas serta diikuti oleh Peserta PKP T.A 2023 di Halaman Kantor Bupati Puncak Jaya dipimpin langsung oleh Pejabat Sekda Puncak Jaya Yubelina Enumbi, SE, MM.

Apel pagi terlihat ramai dimana para peserta apel memenuhi halaman Kantor Bupati Puncak Jaya, didampingi Asisten I SETDA Yahya Wonorenggo S. IP, M. Sos, Asisten II SETDA Esau Karoba S. Pak M. Si serta Asisten III Ordianto Baruri, S.Pt.

Dalam amanatnya, Pj. Sekda Yubelina menyampaikan beberapa pesan kepada peserta PKP “Khususnya untuk peserta PKP agar tetap semangat walaupun umur ada yang sudah 30 tahun keatas tetapi semangat bapak ibu harus seperti anak 17 Tahun” imbuhnya.

Dirinya berpesan agar untuk menuju menjadi seorang pemimpin tidak boleh ada rasa malas. “Konsekuensi dari jabatan adalah pengambilan keputusan. Pemimpin itu harus punya semangat besar karena dituntut mampu untuk bijak dan cepat mengambil keputusan dengan tegas. Tidak peduli sepadat apa agenda dan rutinitas pekerjaan yang dihadapi setiap harinya” tegasnya.

Menurut panitia bahwa para peserta PKP sesuai jadwal pada 17 Juni 2023 akan mengikuti studi lapangan (Stula) di beberapa OPD di Kota Jayapura. Selanjutnya para peserta akan dilihat inovasi perubahan apa yang harus dikembangkan dari permasalahan di kantor.

Pj. Sekda menegaskan bahwa setelah kembali ke OPD agar para peserta PKP tidak hanya terbawa rutinitas datang masuk kantor absen langsung pulang.

“Kita tahu bahwa kita terbatas dengan segala teknologi dan lain sebagainya. Tapi hal itu jangan mengurangi semangat kita untuk mengikuti aturan yang berlaku dan berinovasi. Jadikan diklat ini sebagai latihan untuk belajar mengambil keputusan”pesannya.

Pj. Sekda berharap kepada peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas agar terus memperkuat perubahan mindset dan membangun kultur aparatur yang melayani. Prinsip tersebut harus diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari, sehingga tercapai birokrasi yang berdaya saing kompetitif untuk mendukung tercapainya kinerja aparatur yang berahklak.

Menutup amanatnya, Pj Sekda Yubelina menyampaikan “Untuk peserta PKP tetap semangat dan lakukan semua sesuai dengan aturan dan ikuti kehadiran dan lain-lain. Karena bukan hanya untuk memperoleh sertifikat saja. Tetapi disitulah keluar pemimpin-pemimpin yang luar biasa setelah ditekan dan dipress dengan berbagai tekanan tugas dan agenda yang padat.” Pungkasnya.

Ditempat yang berbeda Christomus Barguna, SE, M.Si selaku Kepala BKPPD juga sebagai Ketua Panitia kegiatan PKP menyampaikan bahwa agenda peserta sampai di Jayapura pekerjaan padat sekali.

“Agenda stula dari awal sampai selesai sangat kurang waktu istirahat tetapi langsung masuk bimbingan untuk menulis kegiatan seminar. Seminar angkatan yang nanti pilih satu peserta perwakilan peserta untuk mempresentasikan, namun seminar perorangan untuk masing-masing tetap berjalan. Sehingga memerlukan waktu pikiran tenaga pada saat seminar nanti” Jelas Christomus.

Ia berharap kita semua menyelesaikan PKP ini dengan baik, jaga kesehatan supaya pada saat stula jangan sampai ada yang sakit, makan teratur, istirahat teratur jangan sampai ada yang jatuh sakit. Kita sama-sama berdoa bahwa sampai selesai PKP ini mulai dari pembukaan sampai penutupan jangan ada satu peserta yang tidak lulus,”ucapnya.(*)

Diskominfo

Infopuncakjaya

radiopuncakjaya

apelgabunganpuncakjaya