Siaran pers No:026/DISKOMINFO/IV/2023

Puncak Jaya_(22/05/2023), Pemda Puncak Jaya melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah buka Diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I gandeng BPSDM Provinsi Papua di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya Pagaleme.

Pembukaan PKP dibuka langsung oleh Pj. Bupati Puncak Jaya Tumiran, S.Sos, M.AP didampingi Kepala BPSDM Provinsi Papua yang diwakili Kabid. Pelatihan Kepemimpinan, Prajabatan dan Kepamongprajaan Rasfel Tabuni, SE bersama Pj. Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM didampingi Kepala BKPPD Christomus Barguna, SE. M.Si.

Turut hadir Kapolres PJ AKBP. Kuswara, SH, S.I.K, mewakili Dandim 1714/PJ Pasi Ops. Kodim Kapten Inf. Daniel Sine bersama Kepala OPD, pejabat Eselon II & III serta para Komandan Satgas di Wilayah Kab. Puncak Jaya.

Ditemui di Guest House Mulia Inn melalui wawancara singkat Rasfel Tabuni, SE, Kabid Kepamongprajaan, Kepemimpinan dan PraJabatan BPSDM Provinsi Papua ikut didampingi Janice Ansanay SSTP Selaku Admin Pelaksanaan PKP Tahun 2023 di Kabupaten Puncak Jaya.

Rasfel Tabuni, SE menyampaikan Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dan akan dilaksanakan terhitung mulai hari ini tanggal 22 Mei sampai dengan selesai.

Dalam pelatihan tersebut nantinya para peserta mempunyai tugas akhir yaitu menyusun aksi perubahan di setiap OPD sebagaimana pernah dilakukan saat Diklat kepemimpinan sampai jenjang diatasnya. Proses penyusunan dan implementasi aksi perubahan membutuhkan inovasi dan terobosan para peserta yang baru. Sehingga menurutnya membutuhkan dukungan mentor dalam mensukseskan aksi perubahan yang dimaksud.

Patut diakui bahwa saat ini reputasi ASN sebagai pelayan publik tengah mendapatkan sorotan tajam dari publik terkait gaya hidup dan perilaku yang tidak sesuai kode etik kepegawaian. Hal ini menjadi tantangan tersendiri penyelenggara untuk serius mencetak Aparatur yang bersih dan berwibawa khususnya para calon pemangku jabatan.

“Dirinya berharap BPSDM selaku badan diklat induk dalam pelaksanaan pelatihan kepemimpinan di Papua yang sudah dipercayakan oleh LAN RI sebagai badan induk Diklat. Ia mengharapkan agar peserta yang dihasilkan dari hasil pelatihan PKP dapat menjadi pelayan publik yang berahklak dan berintegritas” jelas Rasfel.

Menutup wawancara, Rasfel berharap semua peserta pelatihan dapat mengadaptasi semua pembelajaran yang didapatkan selama pelatihan dan diimplementasikan ke dalam kegiatan sehari-hari dalam pekerjaannya”ujarnya.(*)

Diskominfo

Infopuncakjaya

radiopuncakjaya

pkppuncakjaya