Pers Release No : 023/DISKOMINFO/IV/2023

Mulia – (7 Mei 2023) Guna meningkatkan mutu pelayanan, RSUD Mulia mendatangkan Tim Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) dan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) bagi tenaga, kesehatan.

Menurut Direktur RSUD Mulia dr. H. Muh. Nasir Ruki, S.Si, M.Kes Apt. Sp.Gk pelatihan ini dilakukan agar tenaga kesehatan di Kab. Puncak Jaya bisa menambah wawasan dan skill untuk pelayanan masyarakat di Rumah Sakit.

“Dengan adanya pelatihan ini, Nakes diharapkan bisa cepat tanggap dalam menangani pasien terkhusus pasien gawat darurat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan” ucap Dr. Nasir.

Pelatihan ini sendiri diikuti sebanyak empat puluh lima orang yang terdiri dari Nakes RSUD Mulia dan Nakes Puskesmas yang tersebar di Kab. Puncak Jaya dimana biaya pelatihannya dianggarkan dari APBD 2023 serta retribusi biaya pelatihan dari peserta sebesar Rp. 700 ribu/orang.

Pelatihan BTCLS dan SPGDT di RSUD Mulia bisa dikatakan spesial karena langsung dikunjungi oleh Direktur Pelatihan DR. dr. Khalid Saleh, SpPD-KKV, Finasim, MARS bersama rekan sejawat.

DR. dr. Kahlid yang juga pernah menjabat sebagai Direktur RSUP Wahidin Sudiro Husodo Makassar mengungkapkan pelatihan BTCLS dan SPGDT merupakan program untuk meningkatkan skill bagi petugas kesehatan khususnya perawat terkait masalah trauma dan jantung.

“Semoga semua peserta bisa mengimplementasikan pengetahuan serta skill sehingga penanganan kasus yang ada bisa terselesaikan dengan baik” ucap DR. dr. Khalid.

Kegiatan pelatihan berbasis penanganan pasien gawat darurat ini sendiri berpusat di Makassar, lebih tepatnya di Brigade Siaga Bencana Kawasan Timur Indonesia Satu Makassar dan merupakan kegiatan bersakala nasional.

DR. dr. Khalid juga berpesan agar para tenaga kesehatan bisa terus mengasah dan mongoptimalkan pengetahuan serta skill yang mereka dapatkan “Terlepas dari pelatihan ini tenaga medis harus terus mengasah skill dan kompetensi mereka sehingga selain membatu menangani pasien juga bisa meningkatkan mutu pelayanannya” harapnya.

Latinus Wanimbo, S.Kep NS yang merupakan salah satu peserta yang mengikuti pelatihan mengapresiasi Direktur RSUD Mulia serta jajarannya dan juga Tim pelatihan yang sudah memberikan banyak ilmu untuk menjadi basic (dasar acuan) mereka dalam melayani pasien di Kab. Puncak Jaya. Dirinya berharap pelantihan serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Selama pelatihan nampak seluruh peserta antusias mengikuti materi yang langsung dijajal dengan alat peraga dan simulasi di Ruang Aula RSUD Mulia.(*)

#prokompimpj
#kominfo
#papuatengahdamai
#rsudmulia
#covid19
#alkes
#perawat
#puskesmas
#bpjskesehatan